Advertisement here

Nvidia beralih ke sistem pendingin cair

Nvidia beralih ke pendingin cair untuk mengurangi penggunaan energi teknologi besar

"Ini menjanjikan konsumsi energi 30 persen lebih rendah"

Nvidia liquid cooling
A rack full of these could hold so much liquid (and computing power). | Image: Nvidia

uniq.my.id - Nvidia telah mengumumkan rencana barunya untuk mengurangi penggunaan energi dari pusat data yang mengolah data dalam jumlah besar atau melatih model AI: kartu grafis berpendingin cairan. Perusahaan mengumumkan di Computex bahwa mereka memperkenalkan versi pendingin cairan dari kartu komputasi A100-nya , dan mengatakan bahwa ia mengkonsumsi daya 30 persen lebih sedikit daripada versi berpendingin udara. Nvidia juga berjanji bahwa ini bukan hanya satu kali, itu sudah memiliki lebih banyak kartu server berpendingin cairan di peta jalannya, dan petunjuk untuk membawa teknologi ke aplikasi lain seperti sistem dalam mobil yang perlu tetap dingin di ruang tertutup. Tentu saja, penarikan kembali Tesla baru-baru ini untuk chip yang terlalu panas menunjukkan betapa rumitnya hal itu , bahkan dengan pendingin cair.

Menurut Nvidia, mengurangi energi yang dibutuhkan untuk melakukan komputasi yang kompleks dapat memberikan dampak yang besar — perusahaan mengatakan bahwa pusat data menggunakan lebih dari satu persen listrik dunia, dan 40 persennya digunakan untuk pendinginan. Mengurangi hampir sepertiganya akan menjadi masalah besar, meskipun perlu dicatat bahwa kartu grafis hanyalah salah satu bagian dari persamaan; CPU, penyimpanan, dan peralatan jaringan juga membutuhkan daya dan juga membutuhkan pendinginan. Klaim Nvidia adalah bahwa dengan pendingin cair, sistem akselerasi GPU akan jauh lebih efisien daripada server khusus CPU pada AI dan tugas berkinerja tinggi lainnya.

roadmap nvidia liquid cooling
Roadmap Nvidia untuk peralatan dan kartu berpendingin cairan. | Gambar: Nvidia


Ada alasan mengapa pendingin cair populer dalam kasus penggunaan berperforma tinggi, dari superkomputer hingga PC gaming khusus dan bahkan beberapa telepon : cairan menyerap panas lebih baik daripada udara, menurut Asetek , produsen utama sistem pendingin air. Dan begitu Anda memiliki cairan hangat, relatif mudah untuk memindahkannya ke tempat lain sehingga bisa menjadi dingin, dibandingkan dengan mencoba mendinginkan udara di seluruh gedung atau meningkatkan aliran udara ke komponen tertentu pada kartu yang membuang semua panasnya.

Selain efisiensi energi, kartu berpendingin cairan memiliki bonus lain dibandingkan kartu berpendingin udara — kartu ini menggunakan ruang yang jauh lebih sedikit, yang berarti Anda dapat memuat lebih banyak kartu dalam jumlah ruang yang sama.

Dorongan Nvidia untuk menurunkan penggunaan energi melalui cairan (Nvidia liquid-cooling) datang pada saat banyak perusahaan mempertimbangkan jumlah energi yang digunakan server mereka. Sementara pusat data jauh dari satu-satunya sumber emisi karbon dan polusi untuk teknologi besar, mereka adalah bagian dari teka-teki yang tidak dapat diabaikan, dan para kritikus telah mencatat bahwa mengimbangi penggunaan energi melalui kredit tidak berdampak seperti pengurangan konsumsi sama sekali. Perusahaan seperti Microsoft telah bereksperimen dengan merendam server dalam cairan sepenuhnya dan bahkan menempatkan seluruh pusat data di lautan dalam upaya untuk menggunakan lebih sedikit energi dan air.

Tentu saja, solusi tersebut agak eksotis — sementara jenis penawaran Nvidia pendingin cair tidak selalu menjadi norma untuk pusat data, itu tidak seperti menempatkan server Anda di lautan (meskipun sejauh ini percobaan Microsoft dengan itu telah sukses luar biasa ). Nvidia secara eksplisit memasarkan GPU berpendingin cairannya sebagai server "arus utama", bukan sebagai solusi mutakhir.

Tapi kapan saya bisa mendapatkan RTX card berpendingin cairan tanpa modding?


Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah kita dapat melihat Nvidia mencoba menjadikan pendingin cair lebih umum lagi dengan membangun pendingin cair ke dalam desain referensi untuk kartu yang berfokus pada permainan. Perusahaan tidak menyebutkan rencana apa pun untuk melakukan itu, hanya mengatakan bahwa mereka berencana untuk "mendukung pendinginan cair di GPU pusat data berkinerja tinggi kami" untuk "masa depan yang dapat diperkirakan."

Namun, teknologi server mengalir ke teknologi PC rumahan sepanjang waktu, dan kartu game yang datang langsung dari pabrik dengan pendingin cair all-in-one bukanlah sesuatu yang benar-benar tidak pernah terdengar — AMD memiliki beberapa desain referensi yang menyertakan cairan. -loop pendingin , dan pihak ketiga telah menjual kartu Nvidia berpendingin cairan sebelumnya . Karena kartu Nvidia terus menarik lebih banyak daya (stok 3090 Ti dapat menarik hingga 450 watt ), saya tidak akan terkejut jika Nvidia mengumumkan kartu seri RTX 5000 yang dilengkapi dengan pendingin cair.

Adapun kartu yang berfokus pada pusat data Nvidia, perusahaan mengatakan perusahaan seperti ASRock, Asus, dan Supermicro akan memasukkan kartu berpendingin cairan ke server mereka "akhir tahun ini," dan kartu PCIe A100 slot-in akan datang pada Q3 tahun ini. . Versi PCIe berpendingin cairan dari kartu H100 yang baru saja diumumkan (yang merupakan versi generasi berikutnya dari A100) akan dirilis pada “awal 2023.”

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Berita,Teknologi