Advertisement here

IBM Mengungkapkan Peta Jalan Lima Tahun Pengembangan Kuantum

www.uniq.my.id

uniq.my.id - Setiap tahun kita semakin dekat dengan penggunaan utama komputer kuantum. IBM melanjutkan pendekatannya untuk mewujudkannya dengan peluncuran perangkat keras dan perangkat lunak kuantum baru selangkah demi selangkah. Tahun lalu, IBM merilis rencananya untuk serangkaian komputer dengan jumlah qubit (bit kuantum) yang terus meningkat hingga tahun 2025. Dalam pengumuman terbaru ini, IBM menjelaskan kemampuan baru komputer kuantumnya untuk menghitung lebih cepat dan dengan kemampuan baru. Selain itu, ia mengumumkan rencana untuk membangun ekosistem perangkat lunak dan solusi di sekitar kumpulan masalah tertentu, termasuk ilmu alam (kimia, biologi, fisika, dll.), Pengoptimalan, keuangan, dan pembelajaran mesin. Ini adalah kategori penelitian dengan banyak masalah untuk dipecahkan.

Pengembang awal saat ini sedang mencari tempat untuk menggunakan kuantum. Apa masalah yang harus diselesaikan? Ini adalah area di mana pengembang perlu memutuskan hari ini sebagai persiapan untuk sistem dan kemampuan baru yang akan online dalam waktu dekat. Tetapi bahkan pada fase awal ini, kuantum telah memberikan nilai bisnis kepada beberapa pelanggan perusahaan dan pemerintah IBM.

Sementara AI mendapatkan perhatian dan modal ventura yang paling besar, ada beberapa masalah yang dapat diselesaikan oleh kuantum secara lebih efektif daripada klasik (Von Neuman) dan AI. Meskipun kuantum tidak akan menggantikan komputasi klasik dalam waktu dekat, kuantum menjanjikan penyelesaian beberapa masalah komputasi yang sulit diselesaikan. Para peneliti baru-baru ini memiliki akses ke komputer kuantum nyata (IBM membuka komputer kuantumnya 5 tahun yang lalu), jadi kami berada pada tahap paling awal dalam menerapkan kuantum untuk memecahkan masalah penelitian dan industri.

Dalam penggunaan komputer kuantum saat ini, komputer klasik menjalankan sebagian besar kode dan kemudian menyerahkan masalah kuantum ke komputer kuantum. Pengontrol menyiapkan sirkuit kuantum, menjalankan sirkuit, dan mengembalikan hasilnya. Penyiapan dan pengembalian kuantum menghabiskan banyak waktu. IBM telah memperkenalkan Qiskit Runtime (Qiskit adalah platform pengembangan kuantum open-source IBM) yang sekarang dapat menggunakan pemrosesan lokal untuk menjalankan sirkuit kuantum dengan lebih efisien dan dapat menghasilkan kinerja 100x lebih cepat daripada tanpa Qiskit Runtime.


Peningkatan Sirkuit Kuantum Perangkat Keras IBM

Gambar di bawah ini menunjukkan tiga atribut utama yang menjadi fokus IBM untuk ditingkatkan: Kualitas, Kapasitas, dan Variasi. IBM telah bekerja untuk tidak hanya mengembangkan lebih banyak kapasitas sirkuit kuantum, tetapi juga dengan lebih banyak kemampuan, memungkinkan variasi sirkuit yang lebih luas yang dapat dijalankan pada komputer IBM Quantum dan untuk menjalankan sirkuit tersebut lebih cepat.


www.uniq.my.id

Dengan IBM Qiskit Runtime, komputer klasik di dekat komputer kuantum mengelola hasil sirkuit kuantum dan keputusan logika apa pun, seperti yang ada di loop bersarang. Sebelumnya, hasilnya harus berpindah dari komputer kuantum, melalui cloud, dan ke komputer pengembang untuk membuat keputusan apakah akan terus melakukan loop. Dengan Qiskit Runtime, eksekusi dapat menjadi 100x lebih cepat pada algoritma perulangan, meningkatkan kapasitas kuantum.

Peningkatan penting lainnya pada komputer kuantum IBM adalah penambahan sirkuit dinamika. Dengan sirkuit dinamis, eksekusi masa depan dapat bergantung pada pengukuran sebelumnya, yang secara kasar setara dengan eksekusi percabangan di komputer klasik. Eksekusi sirkuit dinamis didasarkan pada pengukuran sirkuit tengah.


www.uniq.my.id

Juga, dengan sirkuit dinamis, dimungkinkan untuk melakukan reset sirkuit tengah qubit dan oleh karena itu sirkuit tambahan dapat disetel ulang dan digunakan kembali tanpa membenci seluruh sirkuit, ini meningkatkan variasi sirkuit dan meningkatkan kapasitas. Ini juga akan mengarah pada eksekusi estimasi fase yang lebih baik, algoritme penting untuk kuantum. Sirkuit dinamis sangat penting untuk membuat pemeriksaan kesalahan dan koreksi sirkuit kuantum - yang pada akhirnya mengarah ke qubit logis yang toleran terhadap kesalahan.

Semua perbaikan ini penting untuk pengembang sirkuit kernel - pemrograman tingkat rendah dari komputer kuantum, kira-kira setara dengan pemrograman mikrokode di komputer klasik. Ini adalah pemrograman untuk pengguna kuantum paling ahli.


Membuat Perangkat Lunak Quantum Tanpa Gesekan

IBM juga merilis peta jalan untuk pengembangan perangkat lunak kuantumnya selama lima tahun ke depan. Pada tahun 2023 IBM akan menawarkan dukungan pengembang baru untuk pengembangan "tanpa gesekan" bagi pemrogram arus utama yang menggunakan bahasa yang sangat dikenal seperti Python untuk menjaga lingkungan pengembangan yang ramah pengguna dan mendorong adopsi yang lebih luas. Pada akhirnya hanya pemanggilan fungsi kuantum dan fungsi hasil (gambar di bawah) yang harus diperlukan. Ini menyederhanakan penggunaan pengembang, membuat fungsi kuantum panggilan tidak berbeda dengan fungsi klasik, yang disebut IBM tanpa gesekan.


https://www.uniq.my.id/search/label/Tekhnologi

Berdasarkan peta jalan IBM (lihat di bawah), kami berharap pada tahun 2021 akan memiliki komputasi yang lebih cepat berdasarkan ketersediaan Qiskit Runtime. Pada tahun 2022, IBM akan menyediakan sirkuit dinamis. Pada 2023, perusahaan mengharapkan memiliki lebih dari 1.000 qubit. Pada saat yang sama, ia mengharapkan akan memiliki pustaka sirkuit dan runtime kuantum prebuilt untuk alur kerja tanpa gesekan. Tujuannya adalah untuk membuatnya mulus dalam menggunakan komputer cloud kuantum pada tahun 2023.

Untuk tahun 2024, IBM sedang menyelidiki kemungkinan koreksi kesalahan. Selain itu, ada kemungkinan komputer klasik berperforma tinggi akan mengaktifkan kemampuan kuantum baru. Kunci untuk beberapa tahun ke depan adalah mengembangkan alur kerja dan eksperimen dengan kombinasi klasik (termasuk HPC) dan kuantum.


https://www.uniq.my.id/search/label/Tekhnologi

Akses ke Quantum Sangat Penting untuk Mengetahui Cara Menggunakan Quantum

Awal pengembangan tekhnologi kuantum saat ini sedang mencari tempat untuk menggunakan kuantum untuk memecahkan masalah sulit yang tidak dapat diselesaikan dengan mudah dengan komputer yang ada, seperti komputer yang tidak diskalakan secara linier. Ini adalah area di mana pengembang perlu memutuskan hari ini dalam persiapan untuk sistem dan kemampuan baru yang akan online.

IBM's Quantum Network memiliki 140 organisasi yang berpartisipasi, yang menunjukkan minat yang signifikan dalam mempelajari dan menguji komputer kuantum. IBM saat ini mengoperasikan dua puluh mesin kuantum dari berbagai qubit dan sepuluh dapat diakses secara gratis. Aktivitas pengembang terus meningkat dan kini beroperasi hingga dua miliar sirkuit per hari.

Kemajuan yang dibuat IBM pada alat harus meningkatkan aksesibilitas komputasi kuantum. Akhirnya, tidak akan ada alasan untuk tidak memiliki komputasi kuantum sebagai alat untuk memecahkan masalah kritis. IBM membuat kemajuan yang stabil dan menawarkan peta jalan bagi perusahaan untuk direncanakan.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Derajat
    Derajat March 1, 2021 at 4:41 PM

    Mantap ni artikel.... Makasi infonya gan

    • UniqMyID
      UniqMyID March 2, 2021 at 3:55 PM

      Thank's

Add Comment
comment url
Related Post
Berita,Teknologi